
PRESMEDIA.ID – Pelanggan Indihome di Tanjungpinang mengaku kecewa dengan buruknya pelayanan internet indihome.
Selain sering mengalami gangguan, layanan teknisi perbaikan internet pelanggan yang bermasalah oleh provider internet ini, juga sangat mengecewakan.
Hal itu dialami Charles, pelanggan Indihome yang tinggal di Perumahan Jati Mas Km 12 Jalan Ganet jalan Bandara Tanjungpinang.
Pelanggan Indihome ini mengatakan, awalnya internet di rumahnya mengalami gangguan pada 4 Januari 2025 dan saat itu sempat diperbaiki oleh teknisi Indihome.
Namun tak berselang berapa hari, kerusakan kembali terjadi. Keluhan pun kembali disampaikan melalui call center 188, dengan tarif Rp300,- per menit.
Kepada pelanggan, operator Customer Service (CS) Indihome menyatakan, akan memberi tiket klaim perbaikan dan menyampaikan pada teknisi area Indihome di Tanjungpinang untuk segera melakukan perbaikan.
Namun dari tanggal 10 hingga 13 Januari 2025 penyampaian gangguan, teknisi yang dijanjikan operator CS Indihome itu tidak kunjung datang memperbaiki Indihome pelanggan.
Selanjutnya, pada Senin 13 Januari 2025, pelanggan akhirnya mendatangi gerai kantor Indihome di Jalan Basuki Rahmat kota Tanjungpinang untuk menyampaikan komplain gangguan yang dialami.
Melalui Customer Service Indihome bernama Agma Rina, kembali menjanjikan akan segera mengirimkan teknisi gangguan untuk memperbaiki internet Indihome pelanggan.
Namun hingga, tanggal 18 Januari 2025 teknisi yang dijanjikan CS Indihome ini, juga tak kunjung datang.
Bahkan kata Charles, setelah dua kali menyampaikan komplain melalui call Center dan CS di Gerai Indihome, pihaknya juga kembali mendatangi Gerai untuk yang ke tiga kali.
“Kami sudah berulang kali menghubungi dan mendatangi kantor Indihome, tetapi respon mereka tidak ada. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti berlangganan,” ujar Charles.

Indihome di Tanjungpinang Enggan Beri Tanggapan
Supervisor Pelayanan Telkomsel Tanjungpinang, Suherti didampingi Supervisor IndiHome Tanjungpinang Aris yang ditemui di gerai kantor cabang Indihome Tanjungpinang enggan memberi tanggapan.
Kepada Media Suherti yang mengaku istri anggota Polisi dengan jabatan Kabag Polres Bintan ini, meminta media agar Media menanyakan mengkonfirmasi Humas Telkomsel Sumbagteng di Pekanbaru, Riau.
“Silakan ke Pak Di Panca saja konfirmasi, beliau Humas Telkomsel regional Sumbagteng,” kata Suherti.
Namun demikian, Ari dan Suherti mengatakan, penanganan keluhan dan gangguan Indihome, PT.Telkomsel menyerahkan penanganan layanan teknisi dan gangguan kepada PT.Telkom Akses sebagai anak perusahaan.
PT.Telkom Akses sebagai anak perusahaan PT.Telkomsel kemudian bermitra dengan PT.Tripola sebagai sub-kontraktor, yang melaksanakan pekerjaan teknisi atas keluhan pelanggan di lapangan.
Humas Telkomsel regional Sumbagteng yang sebelumnya disebut Suherti adalah Dwi Panca, malah mengalihkan permintaan konfirmasi media ini, kepada Adi yang mengaku sebagai Corporate Communication, Telkomsel Sumbagteng.
Adi mengatakan, akan menyediakan statement Holding BUMN itu.
Supervisor Teknisi PT.Tripola Tanjungpinang Aziz mengaku telah mendengar keluhan dari pelanggan tersebut. Ia mengaku di lokasi pelanggan ada satu kotak area terdampak kerusakan.
“Jadi waktu itu memang orderan keluhan menumpuk dan kondisi hujan juga di Tanjungpinang, sehingga teknisi belum sempat mengecek ke rumah Pak Charles,” ujar Aziz.
Atas kejadian itu Aziz menyampaikan permohonan maaf.
“Kami mohon maaf juga sama pelanggan, keluhan itu tetap akan kami tindak lanjuti,” katanya.
Penulis: Presmedia
Editor : Redaksi