Pelindo Optimalkan Pelayanan di Pelabuhan SBP Tanjungpiang dan Sei Kolak Kijang Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto; Roland/Presmedia.id)
Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto; Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – PT.Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional I Cabang Tanjungpinang mengoptimalkan pelayanan keberangkatan dan kedatangan penumpang selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

GM Pelindo Regional I Tanjungpinang, Darwis melalui Manajer Operasi Raja Junjungan Nasution mengatakan, optimalisasi peningkatan pelayanan itu, dilaksanakan di dua pelabuhan yaitu di Pelabuhan Domestik dan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dan Pelabuhan Domestik Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

“Peningkatan pelayanan bagi penumpang ini menjadi komitmen kami di setiap terminal agar terus berjalan dengan baik,” katanya.

Peningkatan pelayanan katanya, dilakukan mulai dari kesiapan fasilitas dengan melaksanakan penataan dan pemeliharaan serta perawatan fasilitas, dan seluruh Pelayanan jasa administrasi operasional pelabuhan.

“Baik secara non tunai, mulai dari E-pass dan lain sebagainya, sekarang juga kita lagi optimalkan boarding sistem (Ptos R),”kata Raja Junjungan, Selasa(12/3/2024).

Ia memaparkan karakteristik dua terminal penumpang ini berbeda, terminal SBP melayani kapal atau ferry dan Penumpang domestik dan internasional (Singapura & Malaysia).

Sementara itu terminal penumpang Sei Kolak Kijang hanya melayani kapal dan penumpang domestik dan kapal yang sandar hanya kapal yang diageni atau operator PT PELNI (Persero) seperti Umsini, bukit raya dan lain sebagainya.

“Saat ini proses penataan dan perawatan pun sedang berjalan dengan baik di terminal didua pelabuhan itu, demi pelayanan kepada penumpang,” jelasnya.

Direktur Operator Ferry di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Karim menyampaikan benar adanya Pelindo selalu berbenah terhadap fasilitasnya, dan jalur komunikasi koordinasi dengan Pelindo Tanjungpinang berjalan sangat baik.

Sebagaimana diketahui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI baik pusat maupun Unit KSOP di daerah mengungkapkan Bahwa Terminal Penumpang SBP Tanjungpinang salah satu pelabuhan penumpang terpadat tersibuk di hari besar Idul Fitri dan Nataru 2023-2024 skala nasional.

Pastinya Manajemen Pelindo Tanjungpinang selalu mengantisipasi dan melaksanakan di hari Besar nasional maupun internasional, mulai dari sinergitas yang baik Bersama seluruh stakeholder dan perbaikan-perbaikan Fasilitas serta improvisasi dalam pelayanan jasa Kepelabuhanan sesuai GCG & dengan aturan yang berlaku demi Terciptanya Pelayanan yang baik.

Penulis: Roland
Editor  : Redaktur