PT.Pelindo Sub Holding PT.SPMT Layani 227,054 Pemudik di Tanjungpinang-Bintan Selama Nataru 2024-2025

FKPD di Kota Tanjungpinang foto bersama di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto: Humas)
FKPD di Kota Tanjungpinang foto bersama di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto: Humas)

PRESMEDIA.ID – PT.Pelabuhan Indonesia (Persero) melalui Sub Holding PT.Pelindo Multi Terminal (SPMT) melayani 227,054 pemudik penumpang kapal selama Natal dan Tahun Baru (Naturu) 2024-2025.

Dua ratusan ribu lebih penumpang ini, berangkat dan tiba di dua pelabuhan yang dikelola PT.SPMT yaitu, di pelabuhan Terminal Sri Bintan Pura (SBP) untuk rute domestik dan internasional serta pelabuhan terminal Sei Kolak Kijang untuk rute domestik antar Provinsi.

Branch Manager SPMT Tanjungpinang, Tonny Hendra Cahyadi mengatakan, pelayanan terhadap akses keberangkatan dan ketibaan penumpang di dua pelabuhan pada Nataru 2024-2025 ini, mengalami peningkatan 4 persen dibandingkan Nataru 2023-2024 lalu.

“Di terminal Sei Kolak Kijang ada sebanyak 8.914 penumpang yang berangkat dan tiba. Jumlah ini naik 4 persen dibanding periode Nataru tahun lalu,” katanya.

Sedangkan Terminal Sri Bintan Pura melayani 218.140 penumpang atau naik 4 persen dari periode sebelumnya.

“Data ini kami catat dalam rentang 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15),” sebutnya.

Tonny juga menyebut, penanganan layanan pada pemudik Nataru sepanjang Natal dan tahun baru pada 2025 ini terus ditingkatkan, melalui keras tim operasional yang memastikan infrastruktur, sistem, dan personel siap melayani penumpang.

“Kami telah melakukan persiapan sejak jauh hari untuk menjamin perjalanan yang aman dan nyaman bagi penumpang selama libur Nataru,”ujar Tonny melalui keterangan tertulisnya Kamis (16/1/2025).

Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang sebutnya, SPMT terus meningkatkan fasilitas operasional dan teknologi pendukung. Selain itu, juga hasil koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, instansi pemerintah, dan stakeholder pelabuhan lainnya untuk menjamin keselamatan dan kelancaran aktivitas penumpang.

“Kami juga mendirikan Posko Angkutan Nataru Terpadu sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi. Posko ini bekerja sama dengan berbagai stakeholder, termasuk Kepolisian dan KSOP, untuk memantau kenyamanan serta keselamatan penumpang,” jelas Tonny.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, Capt.Dwi Yanto, juga mengapresiasi kolaborasi yang baik antara berbagai pihak selama periode Nataru.

“Kami berterima kasih atas kerja keras semua pihak yang mendukung kelancaran arus penumpang. Harapannya, evaluasi tahun ini dapat meningkatkan kualitas layanan transportasi laut ke depannya,” ujar Capt. Dwi Yanto.

SPMT berkomitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan, tidak hanya selama periode liburan, tetapi sepanjang tahun. Fokus utama adalah menghadirkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi bagi penumpang di setiap perjalanan.

Penulis: Roland
Editor : Redaktur