Kunker ke Tambelan Roby Angkut Personil OPD-Nya Beri Layanan Langsung ke Masyarakat Tambelan

Pelayanan langsung melalui pembukaan Gerai Pelayanan Publik Terpadu oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan disambut antusias masyarakat pulau Tambelan. (Foto: Diskominfo Bintan)
Pelayanan langsung melalui pembukaan Gerai Pelayanan Publik Terpadu oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bintan disambut antusias masyarakat pulau Tambelan. (Foto: Diskominfo Bintan)

PRESMEDIA.ID – Kunjungan Kerja (Kunker) ke kecamatan Tambelan, Bupati Bintan Roby Kurniawan turut mengangkut personel Organisasi Perangkat Daerahnya (OPD) untuk memberi pelayanan secara langsung dan gratis Kepada masyarakat di kecamatan Tambelan.

Pelayanan langsung dengan pembukaan Gerai Pelayanan Publik Terpadu oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, disambut antusias masyarakat pulau Tambelan.

Salah satu yang paling diminati adalah Gerai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Dalam dua hari pelaksanan layanan, sebanyak 338 masyarakat menerima pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).

Sejumlah layanan yang berhasil diselesaikan dan diterima masyarakat ini meliputi:
-Pengurusan Kartu Keluarga (KK) pada  82 keluarga
-Pembuatan atau pembuatan KTP pada  113 warga
-Pembuatan 102 Kartu Identitas Anak (KIA)
-Pembuat 18 Akte Kelahiran anak
– Pembuatan 6 Surat pindah-datang dan
– Perekaman 17 E-KTP warga

Antusiasme warga, terlihat sejak hari pertama pembukaan gerai. Masyarakat dengan tertib mengantri untuk memanfaatkan layanan tanpa harus keluar pulau.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, Gerai pelayanan publik di Kabupaten Tembelan itu sengaja dibuka sebagai upaya jemput bola langsung pada warga yang membutuhkan dalam Kunjungannya ke Tambelan.

“Nampak, warga sangat antusias karena prosesnya cepat dan tidak mengganggu aktivitas harian,” ujar Roby saat meninjau gerai Disdukcapil di Pelataran Balai Adat Tambelan, Selasa (17/6/2025).

Program pelayanan keliling ini lanjutnya, menjadi implementasi dari Visi Bintan Juara, Gerak Bersama Pelayanan Keliling Pulau, yang bertujuan memperluas akses layanan publik hingga ke wilayah-wilayah terpencil.

Selain Layanan administrasi kependudukan, Dinas perikanan kabupaten Bintan juga melayani administrasi 137 nelayan di Tambelan.

Melalui Gerai yang dibuka, Dinas Perikanan memberi pelayanan permohonan Rekomendasi Jenis Bahan Bakar Tertentu bagi 66 nelayan, serta pengurusan BPJS Ketenagakerjaan bagi 71  Nelayan dan Pembudidaya Ikan di Tambelan.

Pelayanan ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dari Pulau Pinang, Pulau Pengikik, Pulau Pejantan, dan Pulau Mentebung, yang secara geografis cukup jauh dari pusat Kecamatan Tambelan.

Kehadiran gerai ini memberi kepastian bagi para nelayan terhadap kebutuhan bahan bakar dan jaminan sosial saat menangkap ikan di laut.

Dinas PTSP dan DKUPP Dukung UMKM Tambelan 34 layanan

Sementara itu, Dinas Penanaman Modal dan PTSP juga membuka 34 layanan di gerai layanan nya. Sejumlah layanan yang diberikan itu adalah:
– 7 pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) UMKM
– 3 NIB untuk usaha rumah makan
– 24 penerbitan Surat Izin Praktik Tenaga Kesehatan

Sementara DKUPP hadir mendampingi pelaku UMKM dengan layanan:
– Konsultasi dan pendaftaran sertifikasi halal
– Pengurusan izin BPOM
– Dukungan promosi dan pemasaran produk lokal

DKPP Berikan Pendampingan Langsung ke Petani dan Peternak

Tak ketinggalan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membuka desk konsultasi bagi petani dan peternak. Tim DKPP bahkan turun langsung ke lapangan memberikan:
– Sosialisasi teknis pertanian dan peternakan
– Pemeriksaan kesehatan hewan oleh dokter hewan (sapi, kambing, unggas)

Melalui kunjungan kerja dan pembukaan gerai ini, Pemkab Bintan menunjukkan komitmennya dalam mendekatkan akses layanan publik ke masyarakat pulau-pulau luar, sebagai bagian dari pembangunan inklusif dan merata.

Penulis: Presmedia
Editor : Redaksi

Komentar