PRESMEDIA.ID, Bintan – ASDP Indonesia Ferry resmi memberlakukan pembelian tiket online di Pelabuhan Telaga Punggur dan Tanjung Uban melalui Ferizy. Pembelian tiket ferry secara online dapatdilakukan melalui website trip.ferizy.com untuk rute penyeberangan di Pelabuhan Telaga Punggur dan Tanjung Uban, Batam.
Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, Penerapan ini mulai efektif berlaku sejak pekan lalu sebagai bagian dari upaya transformasi digital untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja perusahaan.
“Langkah ini kami lakukan untuk mengakselerasi digitalisasi pembelian tiket dan memenuhi hak-hak konsumen, khususnya di pelabuhan dengan infrastruktur yang memadai,” ujar ,” ujar Shelvy dalam keterangan tertulisnya Senin (26/8/2024).
Penggunaan tiket online lanjutnya, akan membantu pemerataan layanan dan memudahkan akses bagi pengguna jasa. Kami mendorong konsumen untuk membeli tiket jauh-jauh hari untuk menghindari ketersediaan yang terbatas saat tiba di pelabuhan.
Rute Telaga Punggur-Tanjung Uban, yang merupakan salah satu rute tersibuk dan memiliki peran vital dalam pengangkutan logistik seperti sembako dan hasil pangan dari pulau batam ke Pulau bintan serta sebaliknya.
Dengan sistem Ferizy, konsumen kini bisa membeli tiket di mana saja dan kapan saja. Shelvy juga menjelaskan bahwa pembelian tiket online dapat meminimalisasi kemacetan di pelabuhan karena pembatasan kuota yang lebih teratur, serta memastikan pendataan manifes yang lebih akurat.
“Hak konsumen terkait asuransi, keselamatan, dan kenyamanan juga lebih terjamin,” tambahnya.
ASDP juga menyebut, dari Januari hingga Juli 2024, tercatat sebanyak 191.785 penumpang dan 169.934 unit kendaraan telah menyeberang melalui Pelabuhan Telaga Punggur dan Tanjung Uban. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Ferizy telah menarik lebih dari 2,38 juta pengguna hingga Juli 2024, menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat.
Saat ini, digitalisasi tiket Ferizy sudah diterapkan di 39 pelabuhan strategis di seluruh Indonesia, termasuk Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.
“Dengan Ferizy, ASDP tidak hanya meningkatkan pelayanan bagi wisatawan dan pelaku ekonomi kreatif, tetapi juga memudahkan mobilitas antarpulau di Indonesia. Kami terus mengingatkan masyarakat untuk memastikan reservasi tiket dan data manifest sebelum tiba di pelabuhan,” tutup Shelvy.
Komentar